Paduan Lengkap membuat drive USB yang dapat di-boot dengan Windows & Ubuntu Linux

Pocapoci.comPaduan lengkap Cara membuat drive USB yang dapat di-boot dengan Windows, Ubuntu Linux atau FreeDOS. Rufus adalah aplikasi portabel sumber terbuka dan gratis untuk Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk memformat dan membuat drive flash USB yang dapat di-boot atau Live USB. Dan akan kami menunjukkan cara menggunakannya untuk membuat drive USB Anda sendiri yang dapat di-boot dengan sistem operasi apa pun yang Anda inginkan: SIlahkan ikuti tutorial dibawah ini cara usb boot dengan rufus.

Cara usb boot dengan rufus

cara usb boot dengan rufus

#1. Unduh Rufus

Langkah Pertama adalah, unduh Rufus . Pada halaman webnya, gulir sampai Anda menemukan tautan unduhan, dan pilih edisi yang Anda inginkan. Perlu dicatat bahwa Anda bisa mendapatkan Rufus sebagai aplikasi portabel yang dapat Anda jalankan setelah Anda mengunduhnya.

cara usb boot dengan rufus

Ketika Anda menjalankan Rufus , Anda akan melihat tampilan seperti ini:

cara usb boot dengan rufus

#2. Colokkan stik memori USB kamu

Selanjutnya, Anda harus mencolokkan stik memori USB yang ingin Anda gunakan. Hubungkan ke PC Windows atau perangkat Anda dan Rufus akan secara otomatis mendeteksinya. Ketika itu selesai, stik memori USB terdaftar di daftar Perangkat di bagian atas jendela Rufus . Jika Anda juga memiliki drive USB lain seperti hard disk portabel yang terhubung ke komputer Anda, mereka juga ditampilkan dalam daftar ini. Pastikan Anda memilih stik USB yang ingin Anda gunakan dan bukan drive lain karena akan diformat.

#3. Buat drive USB yang dapat di-boot menggunakan file Windows atau Linux ISO, atau pilih FreeDOS

Di Rufus , klik atau klik Pilihan boot dan pilih apakah Anda ingin membuat drive yang dapat di-boot menggunakan file ISO atau Anda ingin membuat drive yang dapat di-boot dengan FreeDOS di dalamnya. Jika Anda ingin FreeDOS, pilih dan lewati ke bagian terakhir panduan ini. Jika Anda ingin membuat drive USB Windows atau Linux yang dapat di-boot, pilih “Disk atau ISO image.” Kemudian, klik atau ketuk Pilih.


Pada komputer atau perangkat Anda dan pilih file ISO dengan sistem operasi yang ingin Anda masukkan ke drive USB yang dapat di-boot. Jika Anda ingin membuat memory stick USB bootable Windows, pilih Windows ISO . Jika Anda ingin drive USB yang dapat di-boot dengan Ubuntu Linux, pilih file ISO Ubuntu . Setelah Anda menemukan file ISO, pilih dan tekan Open.

Rufus memuat file ISO dan menyesuaikan pengaturan defaultnya agar sesuai dengan sistem operasi dalam ISO itu. Meskipun pengaturan default seharusnya tepat untuk kebanyakan orang dan perangkat, Anda mungkin ingin mengubahnya beberapa, dalam beberapa situasi.

Jika Anda bermaksud membuat drive yang dapat di-boot dengan Windows atau Linux, Anda mungkin ingin memperhatikan skema Partition dan pengaturan sistem Target.

Jika Anda ingin menginstal Windows pada PC yang cukup baru dengan UEFI dan skema partisi GPT , Anda harus memilih pengaturan berikut:

  • Skema partisi: GPT
  • Sistem target: UEFI (non CSM)
  • Sistem File: FAT32 (Default)

Jika PC tempat Anda ingin menginstal Windows adalah perangkat yang lebih tua dengan BIOS tradisional atau UEFI yang diatur ke mode yang kompatibel , dan skema partisi MBR , Anda harus memilih pengaturan berikut:

  • Skema partisi: MBR
  • Sistem target: BIOS (atau UEFI-CSM)
  • Sistem File: NTFS

Jika Anda ingin menginstal Linux pada perangkat baru dengan UEFI, pilih GPT . Jika tidak, pilih MBR . Apapun, pilih FAT32sebagai sistem file untuk digunakan pada drive USB.

Jika mau, Anda juga dapat memeriksa beberapa opsi lain yang tersedia, tetapi, kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan, Anda harus membiarkannya apa adanya. Rufus secara otomatis menyesuaikan yang lainnya.

#4. Buat drive yang dapat di-boot

Langkah terakhir adalah mengklik atau klik MULAI / start dan menunggu drive bootable dibuat.

Tergantung pada kecepatan drive Anda dan ukuran sistem operasi yang Anda pilih, langkah ini bisa memakan waktu cukup lama.

Setelah selesai, Anda dapat menggunakannya untuk mem – boot dan menginstal sistem operasi yang Anda pilih untuk menyalin pada drive USB. Itulah beberapa cara usb boot dengan rufus. Dan itulah beberapa cara usb boot dengan rufus.

Sudahkah Anda menggunakan Rufus?

Apakah Anda menyukai aplikasi yang kami rekomendasikan untuk tugas ini? Apakah Anda merasa mudah membuat drive USB yang dapat di-boot? Kami ingin mendengar pendapat Anda tentang hal ini, jadi jangan ragu untuk berbagi di bagian komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan