Cara Mengamankan Smartphone Android Terbaru

Pocapoci.comCara Mudah Mengamankan Smartphone Android Terbaru. Apakah Android benar-benar aman? Pertanyaan ini sering muncul di benak Anda dan Anda selalu khawatir tentang Keamanan Ponsel Android Anda. Terkadang kita melihat pemberitahuan push yang tidak perlu di bilah pemberitahuan, beberapa di antaranya juga tampak seperti spam.

Ketika kami menjelajahi situs web menggunakan browser di Android, tiba-tiba kami melihat peringatan: “Ponsel Anda telah melambat namun kami akan memperbaiki kinerja ponsel Anda”  dan ponsel Anda mulai bergetar. Jadi kami pikir telepon kami telah terinfeksi malware, tetapi itu tidak benar. Untuk lebih memahami tentang keamanan Ponsel Android, kami akan memahami cara mengamankan Ponsel Android kami? dari kejahatan seperti Malware, Peretas, dan pencuri.

Apakah ponsel Android Anda Aman?

Ketika anda membeli Smartphone Android yang baru, Pasti akan ada beberapa aplikasi dan game yang sudah diinstal sebelumnya dan aman. Tapi berapa lama? Sampai kami tidak menginstal aplikasi baru.

Tetapi Anda juga tidak mengerti bahwa ponsel baru yang Anda ambil juga sepenuhnya aman. Jika ada bug di OS Android dan pengembang tidak mengetahuinya, maka kerentanan dapat menyebabkan keamanan dan malware serta peretas dapat dengan mudah mengakses data ponsel Anda. Jadi untuk menghindari masalah seperti itu, selalu beli ponsel dari perusahaan terkenal, Setelah bug terdeteksi, perusahaan segera merilis perbaikan bug.

cara menghapus mallware hp android
images by The Mirror

Dari waktu ke waktu, masalah keamanan terus muncul di beberapa smartphone perusahaan terkenal. Ini menunjukkan bagaimana kita bisa melakukan ketika perusahaan tidak melakukan keamanan Smartphone kita dengan benar. Pelanggaran keamanan datang untuk melihat ketika kita membaca berita tentang perusahaan produsen ponsel pintar besar China Xiaomi memata-matai data dari Smartphone Android Anda dan masalah yang ditemukan oleh perusahaan peneliti keamanan F-Secure.

Perusahaan penjual Smartphone teratas menuduh dua kali untuk pengumpulan data pengguna. Pertama, peneliti keamanan Chrish memposting di blognya Chirsdcmoore  dan bertanya tentang mengapa OnePlus mengumpulkan informasi data pengguna seperti “nomor IMEI, nomor telepon, alamat MAC, nama jaringan seluler, IMSI, dan nomor identifikasi jaringan nirkabel” . dan mengirim informasi ke open.oneplus.comserver. Masalah besar lain yang ditemukan oleh peneliti Keamanan  “Elliot Alderson” yang ia posting di  timeline Twitter tentang bagaimana OnePlus mengumpulkan data pengguna dari Ponsel Cerdas dengan aplikasi #clipboard inbuilt.

Itu mengejutkan semua orang karena mengapa perusahaan ponsel pintar mengumpulkan data pengguna tanpa izin, tetapi setelah masalah muncul, mereka memperbaiki aplikasi ini melalui pembaruan nirkabel.

Tidak perlu bahwa hanya pengembang Smartphone yang mengumpulkan data Anda. Sekali lagi Elliot Alderson mengungkapkan kelemahan keamanan dalam aplikasi resmi Pemerintah Namo App . Peneliti Keamanan twitted bahwa aplikasi Narendra Modi sedang mengumpulkan data pengguna dan mengirimkannya ke situs web pihak ketiga non-resmi yang disebut CleverTap. Karenanya, Kami tidak dapat mempercayai siapa pun pada tahun 2019, apakah itu pembuat smartphone atau aplikasi resmi pemerintah.

Lalu, Bagaimana Mengamankan Ponsel  Android  ?

Setelah membaca paragraf di atas, Anda akan khawatir. Jadi, jika saya katakan setiap perusahaan Smartphone ingin mengumpulkan informasi Anda seperti minat, lokasi , Riwayat Panggilan, Riwayat Penjelajahan Web , dll. Lalu apa yang Anda katakan tentang ini? Setelah membaca ini, sebuah pertanyaan pasti muncul di benak Anda bahwa apa manfaat yang akan mereka dapatkan dari ini?

Jangan berpikir tentang produsen Smartphone yang hanya menghasilkan uang melalui penjualan smartphone mereka dan memperbaiki Ponsel yang rusak. Bahkan setelah menjual Smartphone, perusahaan dapat memperoleh banyak uang dengan mengumpulkan data aktivitas Anda dan kemudian menjualnya ke perusahaan lain.

Tidak hanya perusahaan smartphone, Anda menginstal banyak aplikasi di ponsel Anda yang juga melacak aktivitas Anda. Seperti Facebook, Twitter. Jadi Anda tidak aman karena privasi dan informasi Anda bocor ke mana-mana. Ini juga tidak wajib bahwa semua ini selalu mengumpulkan data Anda tanpa izin Anda. Bahkan orang-orang, tanpa berpikir panjang, menyetujui Syarat & Ketentuan mereka. Di mana mereka secara eksplisit menyebutkan bahwa “Kami akan mengumpulkan data aktivitas Anda untuk meningkatkan layanan kami” . Jadi saat Anda memasang aplikasi Android apa pun, pertama-tama baca ketentuan perjanjian penggunaan dengan cermat.

Gunakan Antivirus Seluler yang bagus

Selalu gunakan Antivirus Seluler dan jangan lupa merek penyedia Antivirus teratas . Ada banyak Antivirus gratis yang tersedia di Google Play Store, Siapa yang mengklaim melindungi ponsel Anda, tetapi hari ini di dunia tidak ada yang tersedia secara gratis. Jika mereka mengatakan itu gratis, maka ada fakta tersembunyi di balik ini. Jadi cobalah untuk menggunakan versi premium sejauh mungkin. Saat ini antivirus premium juga tidak terlalu mahal, karena persaingan yang tinggi Anda akan mendapatkannya dengan harga yang sangat terjangkau. Saya akan merekomendasikan menggunakan Eset Nod32 Mobile Security, Avast Mobile Security Antivirus ,  Kaspersky Mobile Antivirus Security .

Jangan Pernah Root Ponsel Anda

Me ROOT ponsel Anda sangat berbahaya karena beberapa cara bagi peretas untuk menyuntikkan kode malware ke dalam file root Sistem. Jadi, Anda tidak akan pernah tahu bahwa data ponsel Anda dengan mudah masuk ke pencuri melalui jaringan.

Jika Anda memiliki pengetahuan bagaimana cara menangani telepon yang di-rooting? Bagaimana cara me-root ponsel dengan aman? Baru kemudian pergi untuk proses tersebut.

Nonaktifkan Data Latar Belakang

Secara default, opsi Background Data diaktifkan di Ponsel Android Anda. Jika diaktifkan, maka semua aplikasi terus menggunakan data Internet di Latar Belakang, bahkan ketika Anda tidak membuka. Tetapi Anda dapat membatasi data latar belakang . Jadi aplikasi apa pun tidak akan mendapatkan akses internet sampai Anda tidak akan membukanya atau Anda tidak akan mengaktifkan data Backgroundlagi. Metode ini akan mencegah aplikasi mengirim data yang tidak perlu ke peretas.

Cadangkan data Smartphone Anda

Jika Anda membuat cadangan data ponsel Android Anda seperti Aplikasi, Pengaturan, Kontak, Call History dll, ketika ponsel Anda diretas oleh seseorang, maka data dapat dipulihkan setelah reset pabrik atau flashing Rom. Ini juga akan berguna karena Anda dapat mengembalikan data ini ke setelan publik dan hp anda akan kembali pada tampilan baru seperti saat anda membeli pertama kali.

Nonaktifkan sumber tidak dikenal

Opsi ini dinonaktifkan secara default dan tidak perlu diaktifkan hingga Anda tidak ingin menginstal aplikasi dari lokasi lain. Berarti Jika Anda akan menginstal aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga atau Penyimpanan Kartu SD. Akan merekomendasikan menjaga opsi Nonaktifkan Sumber Tidak Dikenal .

Unduh aplikasi hanya dari Google Play Store

Bahkan di Google Play Store tidak setiap aplikasi aman tetapi Anda akan tetap aman karena Google selalu melakukan pemeriksaan keamanan pada aplikasi yang diinstal dan ketika ia mendeteksi sesuatu perilaku yang mencurigakan dalam aplikasi kemudian menghapusnya dari Google Play Store serta merekomendasikan untuk menghapus dari telepon. Jadi jangan gunakan sumber pihak ketiga karena jika Anda menginstal aplikasi jahat secara tidak sengaja, maka tidak ada yang akan dapat membantu Anda.

Jangan pasang aplikasi dengan peringkat rendah

Ini adalah fakta lain karena kami memasang aplikasi apa pun dari Google Play tanpa memeriksa peringkatnya. Jika kita memasang aplikasi buggy, maka itu bisa terbukti berantakan dengan keamanan ponsel kita kapan saja. Jadi jangan pernah percaya & instal aplikasi yang memiliki peringkat rendah. Untuk ini periksa bagian “Ulasan” aplikasi di Google Play Store.

cara menghapus mallware hp android

Selalu periksa izin yang diizinkan saat menginstal aplikasi anda

Saat anda memasang aplikasi apa pun di ponsel , Cobalah untuk memeriksa izin mana yang diminta untuk diizinkan oleh aplikasi. Saat memasang, kami hanya mengetuk tombol Izinkan dan tidak berpikir aplikasi meminta izin tambahan dari aplikasi Anda yang mungkin tidak diperlukan untuk dijalankan. Misalnya, Anda telah menginstal aplikasi Video playing maka izin yang diperlukan untuk aplikasi tersebut hanya  “Storage”. Jika itu juga meminta Anda untuk mengizinkan Kamera, Lokasi, Telepon, Mikrofon, SMS, Kontak, dll. Maka Anda harus memberi perhatian pada hal ini. Jadi izinkan hanya mereka yang diizinkan untuk aplikasi yang harus menjalankan aplikasi dan lainnya menonaktifkan.

Jika Anda mengizinkan setiap izin tunggal untuk aplikasi itu maka ia dapat dengan cepat mendapatkan akses ke perangkat keras yang diizinkan tanpa izin Anda. Misalnya: Dapat merekam suara Anda kapan saja atau dapat menangkap gambar Anda. Jadi aman saat mengizinkan aplikasi apa pun.

Baru-baru ini, ia juga mengetahui bahwa raksasa media sosial paling populer Facebook juga mengumpulkan data pengguna dari situs webnya dan melalui aplikasi resmi. Yang menjual data pengguna 57 m ke perusahaan pihak ketiga “Cambridge Analytica” . Firma analisis data telah bekerja dengan tim pemilihan Donald Trump. Jadi berhati-hatilah juga saat Anda mengizinkan semua izin ke aplikasi favorit.

Hentikan Pencarian konten bajakan

Jika Anda menggunakan konten bajakan di Ponsel Anda, maka 100% kemungkinan satu hari telepon Anda akan diretas. Ketika Anda mengunduh konten Bajakan seperti Aplikasi premium, Film, Video, banyak situs akan mencoba memasang malware di ponsel Anda. Hal ini Anda akan perhatikan ketika Anda mengunjungi situs tersebut maka kadang-kadang pesan pop mulai muncul di layar dan mengatakan “Android Anda terinfeksi” . Dan ponsel Anda mulai bergetar. Jika Anda mengeklik tombol “Hapus Virus Sekarang” atau yang serupa, maka aplikasi yang mengandung malware akan mulai mengunduh dan mencoba memasang. Jika Anda tidak peduli maka setelah mengunduh ponsel Anda akan diretas.

Periksa Pembaruan Telepon secara teratur

Waktu ke waktu Perusahaan telepon pintar merilis pembaruan peranti lunak untuk telepon perusahaan mereka, pembaruan peranti lunak ini berisi tambalan keamanan dan perbaikan bug. Jika Anda tidak memperbarui perangkat lunak maka itu akan berisiko tinggi karena Anda mengacaukan keamanan ponsel Anda. Perusahaan pengembang ponsel besar seperti Samsung , iPhone, dan Google merilis sejumlah besar patch keamanan untuk smartphone mereka hingga ponsel menjadi benar-benar aman.

Anda dapat memeriksa pembaruan perangkat lunak dengan membuka Pengaturan Telepon »Gulir ke opsi terakhir (berbeda pada perangkat yang berbeda) mungkin itu adalah opsi Sistem atau Tentang Telepon . Sekarang temukan opsi Pembaruan Sistem atau Perangkat Lunak dan periksa apakah ada patch keamanan telah dirilis atau tidak, jika ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia maka segera perbarui.

Lebih banyak tips:

Jika Anda ingin lebih mengamankan Ponsel Android Anda maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini juga:

Aktifkan Perlindungan Kata Sandi.

Anda dapat mengaktifkan Perlindungan Kata Sandi di perangkat Anda, jadi tidak seorang pun kecuali Anda akan membuka perangkat dan tidak akan dapat merusak perangkat Anda tanpa izin Anda.

Aktifkan Pelacak Seluler

Pelacak Seluler dapat membantu dalam situasi ketika Anda kehilangan telepon atau seseorang mencurinya. Jika sistem pelacakan Seluler diaktifkan pada Telepon Anda, maka dapat dengan mudah dilacak, temukan, dikunci melalui perangkat lain.

Nah itulah beberapa tips cara mengamankan hp anda dari pencurian data, Berhati hatilah dalam menginstal aplikasi.

Tinggalkan Balasan