Cara Mengaktifkan & Menonaktifkan opsi USB Debugging Di Android

  • Whatsapp

Pocapoci.comCara Mudah Mengaktifkan & Menonaktifkan opsi USB Debugging Di Android. USB debugging adalah alat ” Opsi Pengembang “, yang memungkinkan koneksi USB antara perangkat Android dan Komputer. Kita dapat menghubungkan Ponsel Android kita ke Komputer-Laptop dan dapat mentransfer data antara kartu Memori dan Komputer tetapi ketika Anda perlu mengaktifkan fitur-fitur canggih seperti rooting telepon. Maka Anda harus mengaktifkan mode debugging USB di Ponsel Android Anda. Jika tidak, Anda tidak dapat mengakses fitur level OS ponsel di PC. Opsi USB debugging membantu aplikasi PC untuk berkomunikasi perangkat Android Anda melalui kabel USB. Jadi Anda dapat mengontrol perangkat Android langsung dari Komputer Anda.

cara USB Debugging Di Android
Images by MakeUseOf

Sebagai contohnya :

Muat Lebih

  1. Anda dapat langsung menginstal aplikasi Android di Ponsel Anda menggunakan penginstal aplikasi Android perangkat lunak PC seperti penginstal aplikasi Wondershare .
  2. Ini membantu untuk Mencadangkan seluruh ponsel Android (Aplikasi, SMS, Kontak, Log Panggilan, Foto, Video, Musik & Pengaturan) menggunakan “Utilitas Cadangan Android untuk PC” .
  3. Android Phone dapat di-Root dan unroot menggunakan Phone rooting Utility seperti Kingo root PC utility .
  4. Anda dapat mencerminkan layar Telepon Anda di PC. Jadi layar ponsel dapat dilihat di PC dan dapat dikontrol menggunakan utilitas cermin Telepon seperti Vysor .
  5. Anda juga dapat menginstal ROM khusus.

Seperti yang saya katakan, USB debugging adalah fitur yang tersedia di Opsi Pengembang. Secara default, Opsi Pengembang disembunyikan dari Pengaturan karena memiliki banyak fitur canggih yang hanya diperlukan untuk Pengembang Android. Karena ini, fitur ini dinonaktifkan pada Smartphone Android Anda.

Aktivasi Mode Debugging USB:

Aktivasi mode Debugging USB berbeda di beberapa versi Android, jadi ikuti langkah-langkah sesuai dengan versi perangkat Android Anda:

Aktifkan USB Debugging di Android Pie, Oreo dan Nougat

Untuk mengaktifkan opsi “USB Debugging” di Android Pie, Oreo, Nougat, Anda harus pergi ke ” Pengaturan “ dan ketuk nama opsi terakhir: “Sistem.” Dalam Sistem Anda akan mendapatkan “Opsi pengembang”, opsi hanya akan muncul jika Anda telah mengaktifkannya di Smartphone berbasis Android Oreo Anda. Setelah Anda masuk ke Opsi Pengembang di bawah bagian Debugging, opsi USB debugging akan tersedia, untuk mengaktifkannya ketuk tombol disebelah kanan .

Kotak konfirmasi akan muncul, tekan pada “OK” untuk mengkonfirmasi dan pilihan debugging USB akan diaktifkan pada Anda Android.

Cara Mengaktifkan Debugging USB di OS Android Lama:

Jika Anda menggunakan os Android yang lebih lama seperti MarshMallow, Lollipop, Kitkat, Jellybean dan Anda telah mengaktifkan opsi Developer, lalu buka Phone “Settings” dan ketuk pada opsi Developer. Dan di opsi Pengembang, ketuk tombol sakelar debugging USB untuk mengaktifkan opsi ini.

Sekarang opsi USB debugging telah berhasil diaktifkan. Dan Anda dapat mulai menggunakan fitur canggih ponsel Android.

Penonaktifan Mode Debugging USB.

Setelah Anda berpikir, Bahwa opsi ini tidak lagi perlu diaktifkan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama seperti yang saya jelaskan di atas dan di Opsi Pengembang, ketuk tombol debugging USB lagi , dan opsi akan dinonaktifkan pada perangkat Android Oreo Anda.

Itulah beberapa tips Mengaktifkan & Menonaktifkan opsi USB Debugging Di Android.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *