Bagaimana Mengelola Izin Aplikasi di Android?

Pocapoci.comBagaimana Mengelola Izin Aplikasi di Android?. Izin Aplikasi membatasi aplikasi yang diinstal ke akses yang tidak diinginkan ke fitur Telepon anda. Saat kami memasang aplikasi di Ponsel Android dari Google Play Store , pertama-tama ia meminta Anda untuk mengizinkan beberapa izin ke Telepon Anda, jika Anda melarang izinnya maka aplikasi tersebut tidak akan berfungsi dengan baik. Karena itu kita perlu mengizinkan izin tanpa batasan apa pun.

Images by The Hcker News

Namun, jika Anda menemukan aplikasi mengakses fitur ponsel yang tidak diinginkan yang tidak diharuskan untuk menjalankan aplikasi, itu dapat dikelola dengan mudah di Android Oreo 8.1 dan Android Pie 9.0. Tetapi sebelum membuat perubahan apa pun dalam izin Aplikasi , Anda harus memahami bahwa izin yang akan dinonaktifkan, perlu untuk aplikasi atau tidak ?. Jika Anda tidak memahami larangan aplikasi yang diperlukan maka aplikasi akan mulai macet atau tidak berfungsi dengan baik.

Kelola izin aplikasi di Android

Mengelola izin aplikasi di Android 8.1 atau Android Pie 9.0 sekarang lebih mudah daripada versi Android sebelumnya. Ada banyak jenis izin di Ponsel Android yang kami izinkan: Sensor, Kalender , Kamera , Kontak , Lokasi , Mikrofon , Telepon , SMS , Penyimpanan , dan lain-lain. Jika suatu aplikasi terkait dengan Kamera maka itu akan menggunakan izin  Kamera , Lokasi , Mikrofon dan Penyimpananuntuk bekerja dengan baik. Karenanya, saya bilang untuk memahami izin sebelum melakukan perubahan apa pun. Sering kali ketika kita menginstal aplikasi, secara keliru melarang aplikasi dari izin akses dari satu fitur dan karena ini aplikasi berhenti bekerja, kemudian juga dengan langkah-langkah berikut ini dapat diaktifkan kembali dengan mudah.

Untuk mengelola izin aplikasi pada Android 8.1 dan Android Pie 9.0, Anda memiliki dua opsi, tetapi untuk menggunakan keduanya, Anda perlu melihat opsi Aplikasi & Pemberitahuan. Jadi, ketuk Pengaturan Smartphone dan temukan & buka Aplikasi & pemberitahuan .

Pertama, Anda dapat melihat informasi App (di Android Pie 9.0 opsi “Info App” telah diganti dengan opsi “Lihat semua …. aplikasi”) dan yang kedua cukup dengan mengetuk opsi izin Aplikasidan kedua opsi yang tersedia di Aplikasi & Pemberitahuan .

Cara pertama untuk mengelola izin aplikasi

Setelah mengetuk Info aplikasi  atau “Lihat semua…. aplikasi ”, pilih aplikasi dari daftar dan Anda akan mendapatkan opsi terkait aplikasi dari ketukan pada Izin tersebut. Sekarang ketuk tombol sakelar untuk mengaktifkan atau menonaktifkan akses izin aplikasi ke fitur ini dan jika kotak dialog konfirmasi muncul, cukup ketuk DENY ANYWAY untuk menonaktifkan izin. Tapi itu tidak akan meminta kotak izin jika ada izin sudah dinonaktifkan.

Cara Kedua untuk mengelola izin aplikasi

Ini tidak mudah seperti opsi sebelumnya. Untuk menggunakan ketuk ini pada opsi Izin Aplikasi , dan di Izin Aplikasi , Anda harus memilih Nama izin, misalnya: Telepon . Setelah Anda memasukkan nama izin, cari aplikasi dari daftar dan ketuk tombol sakelar untuk mengaktifkan atau menonaktifkan izin aplikasi . Jika ada kotak dialog konfirmasi izin muncul (itu akan muncul hanya ketika Anda menonaktifkan izin apa pun) kemudian cukup ketuk untuk Denny ANYWAY .

Akhirnya, seperti yang Anda tahu, Anda dapat memutuskan privasi dan keamanan Anda dengan izin aplikasi. Jika suatu aplikasi meminta lebih banyak izin daripada aplikasi, maka Anda dapat menyetel ulangnya dengan bantuan opsi ini. Juga, jika secara tidak sengaja tidak diizinkan dengan memasang izin, itu dapat diperbaiki dengan bantuannya.

Tinggalkan Balasan